Pengertian Open Shortest Path First / OSPF



OSPF (Open Shortest Path First) merupakan protokol routing link state  dan digunaka untuk menghubungkan router-router yang dalam satu Autonomous System (AS) sehingga protokol routing ini juga termasuk dalam kategori Interior Gateway Protocol (IGP). Autonomous System itu sendiri merupakan kumpulan router-router yang berada di bawah kendali administrasi dan strategi routing yang sama.
OSPF pertamakali dikembangkan pada tahun 1987 oleh Internet Engineering Taks Force (IETE)dan yang pertamakali dipublikasikan adalah OSPFv1. OSPFv1 ini tidak pernah diimplementasikan dan selalu disempurnakan. Pada tahun 1991, OSPFv2 dipublikasilan oleh John Moy melalui RFC1247 dan juga selalu mengalami penyempurnanaan.
RFC untuk OSPF yang digunakan saat ini adalah RFC yang di-update pada tahun 1998  dan dikenal dengan RFC2328. Saat ini juga telah ada OSPFv3 yang ditujukan untuk implementasi jaringan yang menggunakan Ip Address versi 6(IPv6). Untuk OSPFv3 dipublikasikan melalui RFC2740 pada tahun 1999 dan kemudian disempurnakan pada tahun 2008 melalui RFC5340.
Umumnya OSPF diterapkan pada jaringan skala besar karena memiliki kemampuan untuk mencapai kondisi  convergence  yang sangat cepat, baik pada saat yang jarinan pertama  dihidupkan maupun bila terjadi perubahan jaringan. Untuk dapat menangani jaringan yang berskala besar, maka OSPF menggunakan konsep area dalam implementasinya. pengimplementasiannya OSPF dikenal dengan dua cara, yaitu Single Area OSPF  dan Multi Area OSPF. Beberapa literatur menyarankan untuk menggunakan Multi Area OSPF bila jumlah router dalam jaringan OSPF sudah mencapai 50 Router.
“Untuk para pembaca dapat menyematkan komentar pada kolom komentar untuk saran dan info yang menurut kalian menarik untuk dibahas di blog ini, jika ada kesalahan dalam pengetikan saya mohon maaf, Terimakasih sudah berkunjung”


Share:
spacer

2 comments:

  1. Makasih, sangat membantu

    ReplyDelete
  2. Akhirnya dapet buat ngerjain Tugas

    ReplyDelete