Sejarah Perkembangan Email




Apa itu Email



Email merupakan kependekan dari  Elektronik Mail atau dalam Bahasa Indonesia  disebut dengan Surat Elektronik atau SUREL. Tidak hanya untuk surat menyurat, email juga  dapat mengirimkan Gambar, Video, dan Suara berbentuk digital secara mudah, hanya memerlukan koneksi internet untuk melakukan hal itu. Selain itu juga email juga sudah menjamah ke media sosial, yaitu untuk login atau masuk ke halamnya dapat  menggunakan email dengan contoh Facebook, Twitter, instagram dan lain-lain.

Sejarah singkat Perkembangan Email

Bermula pada tahun 1968 di sebuah perusahaan yang bernama Bolt Break and Newmen(BBN). Perusahaan tersebut ditugaskan oleh departemen pertahanan Amerika untuk membuat sebuah jaringan komunikasi militer yang di sebut dengan ARPANET atau Advanced Research Projects Agency Network, yang bertujuan untuk membuat sebuah metode komunikasi antar institusi militer dan pendidikan. ARPANET juga sering kita kenal dengan cikal bakal dari Internet.

Konsep Email sendiri sudah mulai dipakai di tahun 1960-an yang di kemukakan oleh Ray Tomlinson seorang Computar Engineer yang bekerja di perusahaan Bolt, Break and Newmen atau BBN. Pada awalnya Ray hanya bereksperimen dengan program bernama SNDMSG yang dapat dingunakan untuk meninggalkan pesan dalam sebuah komputer, sehingga orang yang memakai komputer tersebut dapat membaca pesan yang ditinggalkan, kemudian dia mulai memikirkan dan bereksperimen bagaimana caranya agar dapat mengirimkan pesan tidak hanya pada satu komputer akan tetepi dapat di kirimkan melalui jaringan ARPANET.

Kemudian ia melanjutkan eksperiman dengan menggunakan file protokol yang bernama CYPNET sehingga program tersebut dapat mengirim dan menerima pesan dari komputer lain. Pada tahun 1972, Ray memperkenalkan istilah “@” sebagai identitas dan untuk memisah antara domain dan User Id dalam sebuah email @ atau samadengan “at” atau “pada” dalam sehari-hari menurutnya adalah simbol yang mudah.


Contoh email: 
  • “informasiit2000” sebagai User Id atau nama/istilah pemekai
  • “ @ ” dapat diartikan Pada
  • “Gmail.com” adalah sebagai Domain atau server yang digunakan oleh User atau pengguna

Jadi, secara singkat dapat dibaca penguna “informasiit2000” berada pada mail server “gmail.com”. Email sendiri baru dapat digunakan oleh khalayak umum mulai tahun 1980-an.



“Untuk para pembaca dapat menyematkan komentar pada kolom komentar untuk saran dan info yang menurut kalian menarik untuk dibahas di blog ini, jika ada kesalahan dalam pengetikan saya mohon maaf, Terimakasih sudah berkunjung”

referensi
http://yana185.pun.bz/pengertian-email-dan-klasifikasi-email.xhtml

http://fitriapriliaarw.blogspot.co.id


Share:
spacer

1 comment: