Jaringan Dasar, Pengertian, kelebihan dan kekurangan : TKJ



Pengertian Jaringan Komputer

    Jaringan Komputer adalah hubungan antara dua atau lebih sistem komputermelalui media komunikasi untuk melakukan komunikasi data satu dengan yang lainnya. Contohnya, ketika sebuah laptop atau komputer yang tadinya berdiri sendiri(stand alone) kemudian kita tambahkan sebuah modem sehingga terhubung ke internet, maka komputer atau laptop kita telah terhubung kedalam sebuah jaringan yang luas yaitu WAN(Wide Area Network).

Manfaat Jaringan Komputer

Manfaat utama yang dapat kita rasakan dari terbentuknya jaringan komputer adalah:

  1. Dapat saling berbagi(Sharing) sumber daya peralatan(Device) secara bersama seperti Printer, Harddisk, Modem, dll. Dengan demikian kita dapat menghemat biaya pembelian device dan menghemat waktu yang diperlukan.
  2. Dapat saling berbagi(sharing) penggunaan file yang ada pada server atau pada masing-masing workstation.
  3. Aplikasi dapat dipakai bersama-sama(Multiuser).
  4. Komunikasi antar pemakai melalui email atau LAN Conference.
  5. Akses ke Jaringan memakai nama, akat sandi, dan pengaturan hak untuk data-data rahasia, sehingga masing-masing pengguna memiliki otoritas.
  6. Pengontrolan para pemakai ataupun pemakaian data secara terpusat dan oleh orang-orang tertentu, sehingga meningkatkan keamanan dan dapat melakukan pendelegasian pekerjaan yang sesuai.
  7. Mudal dalam melakukan backup data, karena managemen yang tersentralisasi.
  8. Tidak tergantung kepada orang yang menyimpan data(apabila orangnya tidak ada) karena penyimpanan data tersentralisasi.
  9. Seorang supervisor/administrator dapat melakukan pengontrolan pemakai berdasarkan waktu akses, tempat akses, kapasitas pemakaian harddisk, mendeteksi pemakai yang tidak berhak, memonitor pekerjaan setiap pemakai.
  10. Data yang seslalu Up to Date karena server senantiasa memutakhirkan data begitu ada input(data entry) diterima.

Kerugian Jaringan Komputer

Kerugian tau kosekuensi penggunaan Jaringan komputer diantranya, yaity:

  1. Biaya yang tinggi dalam pembelian perangkat-perangkat jaringan dalam berbagai aspek: seperti pembelian hardware, software, biaya perancangan jaringan, dan biaya jasa pembangunan jaringan.
  2. Manageman perangkat keras dan Administrasi sistem : Dalam sebuah jaringan perkantoran harus memiliki sebuah sistem managemen untuk jaringan yang ada dalam kantor tersebut, karena jika ada kesalahan dalam manageman jaringan akan mengakibatkan gagalnya fungsi jaringan yang diharuskan meninjau ulang sistem jaringan.
  3. Sharing file yang tidak diinginkan : dalam hal ini dapat juga kesalahan managenen jaringan yang kurang tepat sehingga file atau data penting dapat diakses oleh orang yang tidak berhak yang sering mengakibatkan kebojoran data.
  4. Virus dan Peretasan : hal ini menjadi hal yang tepenting dalam sebuah jaringan, karena jika tidak di perhatikan dapat menghambat pekerjaan atau bahkan dapat menghentikan pekerjaan. yang di karenakan virus yang mudah tersebar karena seluruh komputer saling terhubung.
          Telepas dari resiko yang harus kita hadapi, perkembangan teknologi dalam hal ini jaringan tidak dapat dihindari. Kerena seluruh device sekarang telah menggunakan jaringan internet, sepertihalnya aplikasi handphone(smartphone) dan laptom.

“Untuk para pembaca dapat menyematkan komentar pada kolom komentar untuk saran dan info yang menurut kalian menarik untuk dibahas di blog ini, jika ada kesalahan dalam pengetikan saya mohon maaf, Terimakasih sudah berkunjung”

Share:
spacer

No comments:

Post a Comment