Perkembangan Internet





Internet telah membuat revolusi baru dalam dunia komputer dan dunia komunikasi yang tidak pernah diduga sebelumnya. Berberapa penemuan telegram, telepon, radio, dan komputer merupakan rangkaian kerja ilmiah yang menuntun menuju terciptanya internet yang lebih terintergrasi dan lebih bekemampuan dari pada alat-alat tersebut. Internet memiliki kemampuan penyiaran keseluruh dunia, memiliki mekanisme diseminasi informasi, dan sebagai media untuk berkolaborasi dan berinteraksi antara individu dan komputernya tanpa dibatasi oleh kondisi georafis.

Internet Saat Ini

Internet saat ini di jaga oleh prjanjian bi- atau multiteral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data  antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan perbincangan internet Engineering Task Force (IETF) yang tebuka pada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang di kenali dengan sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian dari RFC dijadikan stadart internet, oleh badan Arsitektur Internet. Protokol-protokol Internet yang sering digunakan adalah IP,TCP,DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL.  Berberapa layanan populer di internet diatas ialah e-mail, Usenet,Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Ghoper, akses sesi, WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Diantara semua ini, email dan WWW lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang di bangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Web blog

Budaya Internet

Jumlah pengguna internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya Internet. Internet juga mempunyai pengaruh besar atas ilmu dan pandangan dunia. Dengan hanya berpadukan mesin pencari seprti Google, pengguna di seluruh dunia ini mempunyai akses internet yang mudah atas bemacam macam informasi. Perkembangan internet juga telah mempengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi sebelumnya yang hanya bisa bertatap muka, kini sangat mudah dan sering dilakukan diinternet.
Transaksi internet dikenal dengan nama e-commerce. Terkait dengan pemerintahan internet juga memicu tumbuhnya trans paransi e-goverment seperti di kabupaten srangen yang mana berhasil memberikan peningkatan pemasukan daerah dengan memanfaatkan internet untuk transparansi pengolaan dana masyarakat dan pemagkasan jalur birikrasi, sehingga warga didaerah tersebut sangat di untungkan demikian pegawai negri sipil dapat pula ditigkatkan kesejahteraannya karena pemasukan daerah meningkat tajam.

Tata Tertib Internet

Sama seperti halnya komunitas, internet juga mempunyai tata tertib, yang dikenal dengan Nettique atau dalam bahasa indonesia dikenal dengan istilah niktiket. Untuk di indonesia selain tata tertib sosial, tata tertib internet di perlakukan peraraturan (UU ITE).

Akses Internet

Negara dengan akses internet terbaik termaksud korea selata (50% dari pada penduduknya memunyai akses jalur lebar broband), dan Swedia.  terdapat dua akses umum yaitu, dial up dan jalur lebar,. Di Indonesia seperti negara berkembang dimana akses internet dan penetrasi cukup tinggi dengan didukungnya internet murah dan netbook murah, hanya saja di indonesia operator kurang fair dalam menentukan harga bahkan ada salah satu operator sengaja membuat perangkap jebakan agar si pengguna internet bayar mahal sampai berjuta juta, lainya sekitar 42% dari akses internet melalui fasilitas public internet akses seperti warnet, cybercafe, hotspot dll. Tempat umum lainya yang sering digunakan dikampus dan dikantor.


Share:
spacer

No comments:

Post a Comment